TANAMAN OBAT SIRIH BANYAK KHASIAT

Sirih+Merah.jpgSirih.jpgdaun-sirih-1010.jpg Assalammualaikum. Wr. Wb Maaf teman- teman akhir akhir ini jarang update karena ke sibukan dunia nyata Oke teman-teman kita langsung aja ke TKP. 14. Sirih(Piper betle)
Tanaman sirih sudah sejak jaman dulu secara tradisional sudah di gunakan oleh nenek moyang kita. Sirih merupakan tanaman asli indonesia. Cara hidup tanaman sirih dengan cara merambat pada batang kayu atau tembok. Daun sirih mempunyai bau yang khas aromatik, rasanya agak pedas.
Berdasarkan dari ukuran, warna, dan bentuk daunnya ada banyak jenis tanaman sirih, di antaranya:
1. Sirih hijau, bentuk daunnya menyerupai hati, berukuran besar dan permukaan mengkilap. Aroma daun sirih hijau sangat tajam. Itulah sebabnya sirih jenis ini jarang di gunakan untuk nginang (mengunyah pinang).
2. Sirih kuning, daunnya berwarna kuning cerah dan berubah menjadi agak kehijauan setelah tua. Daun sirih kuning banyak di pakai untuk nginan. Sirih kuning akan tampil lebih bagus apabila mendapat sinar matahari yang cukup.
3. Sirih merah, daunnya berwarna keunguan dan permukaanya memiliki bercak keperakan. Sirih merah tidak di jadikan obat, hanya sebagai tanaman hias.
4. Sirih mini, bentuk dan ukuran sirih jenis ini kecil. Ukuran daunnya sangat mungil, hanya 1/5 ukuran daun sirih biasa. Batangnya berwarna merah jambu kecoklatan. Warna daun hijau kekuningan dengan permukaan licin. Sirih mini tidak merambat, melainkan menjalar di atas tanah. Sirih mudah di perbanyak dengan setek pucuk yang masih aktif, yaitu setek Yan memiliki ruas panjang dan subur.

KANDUNGAN DAN MANFAAT SIRIH
Tanaman sirih banyak mengandung minyak asiri, seperti :
- Kadinen
- Kavikol
- Sineol
- Eugenol
- Kariofolen
- Karvakrol
- Terpinen
- Danses kuiterpen
Tanaman sirih bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain:
- Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
- Keputihan
- Sakit jantung
- sipilis
- Gatal-gatal akibat alergi
- Diare
- Menghentikan pendarahan gusi
- Menghentikan pendarahan pada hidung (mimisan)
- Sakit gigi berlubang
- Batuk
- Bronchitis
- Sakit mata
- Eksim
- Gatal-gatal setelah melahirkan
- menghilangkan bau mulut
- Menghindarkan sakit kulit dan gatal-gatal
- Menghindarkan jerawat tumbuh
- Menghilangkan jerawat
- Koreng
- Luka baru
- Bisul
- Sariawan
Cukup panjang artikelnya sobat admin jadi cape nih ngetiknya Dan banyak khasiatnya sobat. Posted By: BAGUS Melihat di buku : Winzaldi Wassalammualaikum. Wr. Wb

Komentar

  1. datang nih utk berkunjung.sukses terus sob :)

    BalasHapus
  2. @Arif ChoiRaeSub,
    ya sob

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer