BERHENTILAH MEROKOK

Berhentilah Merokok
Source : PXHere


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Alhamdulillah, saya bisa menyempatkan diri untuk menulis artikel, mudah-mudahan artikel ini berguna bagi kalian. 

ika penyakit mematikan seperti kanker paru-paru saja belum cukup menghentikan kebiasaan Anda merokok, cobalah jadikan kesehatan tulang punggung sebagai salah satu alasan berhenti merokok. Nikotin dapat memperburuk kondisi nyeri pada punggung.

Peneliti melakukan studi yang melibatkan lebih dari 5.300 pasien yang mengalami sakit punggung karena gangguan tulang belakang dan sedang menjalani pengobatan. Selama 8 bulan masa pengobatan, peneliti terus memantau kondisi masing-masing pasien.

Orang yang sebelumnya tidak pernah merokok melaporkan bahwa rasa punggung yang dialaminya berangsur-angsur membaik dengan cepat. Pasien yang berhenti merokok selama pengobatan, melaporkan bahwa rasa nyeri yang dialaminya berangsur-angsur berkurang.

Sedangkan pasien yang tetap merokok melaporkan bahwa rasa nyeri yang dialaminya tidak kunjung reda dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Bone and Joint Surgery, edisi bulan Desember.

"Rasa sakit akan meningkat karena paparan nikotin, sehingga seseorang harus menghentikan kebiasaannya merokok agar kondisi nyeri punggungnya tidak semakin buruk," kata Dr Glenn Rechtine, penulis studi dari jurusan ortopedi di University of Rochester di New York, seperti dikutip dari ivillage, Selasa (18/12/2012).

Studi ini mendukung perlunya program berhenti merokok untuk pasien dengan gangguan tulang belakang. Pasien nyeri punggung mau tak mau harus menyerah dan meninggalkan kebiasaannya yang tidak tersebut.

Meskipun studi ini menemukan hubungan antara berhenti merokok dengan penurunan nyeri punggung, hal ini tidak membuktikan bahwa ada hubungan sebab-akibat antara keduanya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya. 

Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan. 

Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

  1. mantap sob! dtunggu kunbalnya! ;)

    BalasHapus
  2. ada sob...thanks info na

    BalasHapus
  3. alhamdulilah banget sob...ane udah ga ngeroko ternyata banyak untungnya....hehehe

    Daripada isep meningan emut..!!
    :D
    Hehehe

    BalasHapus
  4. hadir bersilaturahim,,gan.

    Nice info,,makasih ya
    Sangat bermanfaat

    Salam santun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer