Alkohol Yang Menyebabkan 1 dari 30 Kematian Kanker

Alkohol Yang Menyebabkan 1 dari 30 Kematian Kanker
Source : Pixabay

Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Minuman yang mengandung Alkohol memang sangat banyak, tetapi dampak nya bisa menyebabkan kematian apabila minum terus terusan. Inilah Review tentang Alkohol, Yang mau baca monggo.


Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol terkait dengan setiap 1 dari 30 kematian akibat kanker di Amerika Serikat. Kaitan tersebut tampak nyata pada kasus kanker payudara. Sekitar 15 persen kematian akibat kanker payudara diketahui terkait dengan konsumsi alkohol. "Alkohol sebenarnya merupakan agen penyebab kanker tetapi tidak begitu kentara karena orang tak menyadarinya," kata Dr.David Nelson, direktur Cancer Prevention Fellowship Program. Orang yang sering mengonsumsi alkohol beresiko tinggi terkena kanker. Meski begitu tidak ada batasan aman untuk menggunakan alkohol, termasuk orang yang minum dalam jumlah sedang yang selama ini dinilai bermanfaat untuk jantung. "Sebaiknya orang yang memahami mereka beresiko kanker mulai mengurangi konsumsi alkoholnya. Makin sedikit, makin rendah risikonya," kata Nelson. 

Untuk mengetahui kaitan antara minum alkohol dan kanker, Nelson dan timnya mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk survei nasional penggunaan alkohol. Selain kanker payudara pada wanita, kanker mulut, tenggorokan dan esofagus adalah jenis kanker yang dikaitkan dengan konsumsi alkohol pada pria. Tiap tahunnya tercatat 6000 kematian akibat kanker tersebut. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa hobi menenggak alkohol adalah faktor risiko kanker mulut, tenggorokan, esofagus, liver, kolon, rektum, dan kanker payudara pada wanita. Menurut para ahli dari the American Cancer Society, belum jelas sepenuhnya bagaimana alkohol meningkatkan risiko kanker. Alkohol diyakini bertindak seperti zat kimia yang iritan pada sel sensitif dan memicu kerusakan DNA. Selain itu alkohol juga bertindak seperti pelarut untuk karsinogen lain, misalnya yang ditemukan dalam rokok, sehingga zat karsinogen itu bisa masuk sel lebih mudah. 

Alkohol juga diduga memengaruhi hormon- hormon penting, seperti estrogen sehingga meningkatkan risiko kanker payudara. "Jika Anda bukan peminum alkohol, jangan memulainya. Namun jika Anda adalah peminum, mulailah membatasi," katanya. Meski alkohol terbukti terkait dengan kanker, namun tembakau masih menjadi faktor kuat dalam kematian kanker. Setiap tahunnya 100.000 kematian karena kanker dipicu oleh kebiasaan merokok.

Bagaimana informasinya bermanfaat? 

Kalau bermanfaat  Share dan like my fan page


Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

  1. Saya disini cuma meramaikan blog sobat, Jadi maaf kalau komen saya gak nyambung ya sob.. salam damai sob :lol: hehehe. yg penting setia ya sob :D

    :arrow: http://www.hacker.p.ht/download-ebook-dasar-dasar-html.xhtml

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wr.wb.
    Alhamdulillah. post info yang siip mantap bermanfaat.sekali tidak tetap tidak no drug.amiin.wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer