PELAJARAN ILMU NAHWU DAN SHOROF

PELAJARAN ILMU NAHWU DAN SHOROF


Pengantar Ilmu
Nahwu & Shorof

Disusun oleh :
Farid Zainal Effendi
PP Assalam Cepu
Jawa Tengah - Indonesia
  
2008 M
Kata Pengantar
بِسمِ اللهِ الرحمٰنِ الرحِيمِ، الْحم  د للهِ الَّذِى علَّم الُْقرآنَ،
وبعثَ ر  سولَه محمدا لْلإِنسانِ والْجانِّ،
صلَواته وسلاَمه علَيهِ وعلى آلِهِ وأَصحابِهِ مِن اللِّسانِ والْجِنانِ،
حتى جمعنا بِهِم فِى الْجنةِ دارِ النِّعمِ والرِّضوانِ.
Ilmu tata bahasa arab (nahwu dan shorof) adalah modal
utama bagi setiap orang yang ingin menyelami agama Islam dan
ilmu-ilmunya. Meskipun demikian banyak pelajar yang mengalami
kesulitan dalam mempelajarinya. Atau memerlukan waktu yang lama
untuk memahaminya setelah terlebih dahulu melewati kesulitankesulitan.
Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya buku-buku
tentang bahasa arab yang disusun secara mudah dan sistematis.
Hal inilah yang mendorong kami untuk menulis suatu buku
kecil yang ringkas dan mudah untuk membantu mereka terutama
para pelajar pemula dalam ilmu ini. Kami sengaja tidak menguraikan
semua aspek ilmu nahwu dan shorof karena buku ini hanya
dimaksudkan sebagai pengantar ilmu tata bahasa agar selanjutnya
diteruskan dengan kitab-kitab nahwu ataupun shorof yang lain.
Buku ini telah kami ajarkan selama beberapa tahun di
Madrasah Diniyyah Assalam, Pondok Pesantren Assalam Cepu, Jawa
Tengah, Indonesia dan Alhamdulillah cukup dapat membantu para
pelajar untuk memahami ilmu tata bahasa.
Meskipun demikian kami menyadari masih banyak kekurangan
dan kesalahan dalam buku ini karena kami sebenarnya bukanlah ahli
dalam ilmu tata bahasa arab. Hanya saja kami berharap amal yang
kecil ini dapat diterima oleh Allah dan menjadi simpanan kami dan
orang tua kami kelak di akhirat. Amin.
Cepu, 21 Juni 2008
Farid Zainal Effendi
DAFTAR ISI
[ 1 ] Kalimat Sempurna.................................. hal 1
[ 2 ] Kata ........................................................... hal 3
[ 3 ] Isim ( Kata Benda )............................... hal 5
[ 4 ] Kata untuk Lelaki & Perempuan......... hal 8
[ 5 ] Nama (‘Alam)........................................... hal 11
[ 6 ] Isim Nakirah dan Ma’rifat.................. hal 14
[ 7 ] Isim Mausuf dan Sifat ........................ hal 17
[ 8 ] Isim Mufrad dan Mutsanna................ hal 20
[ 9 ] Jamak Muannats Salim........................ hal 23
[ 10 ] Jamak Mudzakkar Salim..................... hal 26
[ 11 ] Jamak Taksir I....................................... hal 29
[ 12 ] Jamak Taksir II .................................... hal 31
[ 13 ] Isim Isyarat (Kata Petunjuk) ............ hal 33
[ 14 ] Isim Dhomir (Kata ganti) .................... hal 37
[ 15 ] Fi'il ( Kata Kerja ) ................................. hal 41
[ 16 ] Fi'il Lazim dan Muta'addi ................... hal 45
[ 17 ] Fi'il Madhi................................................ hal 48
[ 18 ] Fi'il Mudhori'.......................................... hal 49
[ 19 ] Fi'il Amr ................................................... hal 55
[ 20 ] Fi'il Tsulasi dan Ruba’i ......................... hal 59
[ 21 ] Jenis-jenis Kalam.................................. hal 61
Pelajaran 1 Kalam
1
[ 1 ] Kalimat Sempurna
اَلْكَلاَم
اَلْكَلاَم : ما تركَّب مِن كَلِمتينِ أو أَكْثَر ، وأفَاد معنى تاما
Kalimat Sempurna ( Kalam ) :
Kalimat yang terdiri dari dua kata atau lebih dan
memberikan arti yang sempurna 1 .
Misalnya :
اَلطَّيْر على الشجرةِ زي  د ُاستاٌذ
1 Zaid seorang guru 2 Burung itu diatas pohon
يلْع  ب التِّلْمِي ُ ذ بِالْ ُ كرةِ قَام الر  ج ُ ل
3 Orang laki2x itu 4 Murid laki2x itu
berdiri bermain bola
1 arti yang sempurna: artinya tidak menimbulkan pertanyaan
Pelajaran 1 Kalam
2
Latihan
Bedakanlah antara kalam dan yang bukan kalam !
اَلْمراَُة الْجمِيلَُة كَتب اْ ُ لاستاَُذ درساً
1 Guru itu menulis 2 Wanita yang cantik
pelajaran
اَلدراجُة نَام بكْر
3 Bakar tidur 4 Sepeda
اَلصبِي سابِ  ح ركِب محم  د
5 Muhammad menaiki 6 Anak laki2x itu berenang
Pelajaran 2 Kalimat
3
[ 2 ] Kata
اََلْكَلِمُة
اََلْكَلِمُة : ما يَتأَلَّ  ف الْكَلاَم بِهِ
Kata ( Kalimat ) :
Sesuatu yang membentuk kalam, jika menunjukkan :
- Kata benda disebut isim (  ( اِسم
- Kata kerja disebut fi'il ( ( فِعلٌ
- Selain kata benda/kata kerja disebut huruf (  ( حرف
Misalnya :
اَلطَّيْر علىٰ الشجرةِ زي  د ُاستاٌذ
اِس  م حر  ف اِس  م اِس  م اِس  م
يلْع  ب التِّلْمِي ُ ذ بِ الْ ُ كرةِ قَام الر  ج ُ ل
فِع ٌ ل اِس  م حر  ف اِس  م فِع ٌ ل اِس  م
١ ٢
٣ ٤
Pelajaran 2 Kalimat
4
Latihan
Bedakanlah antara Isim, Fi'il dan Huruf
.
اَلْمراَُة الْجمِيلَُة تتبس  م كَتب اْ ُ لاستاَُذ درساً
...... ...... ..... ...... ...... .....
اَلدراجُة رخِي  ص نَام بكْر
...... ...... ...... .....
اَلصبِي سابِ  ح ركِب محم  د دراحةً
...... ...... ..... ...... .....
١ ٢
٣
٥ ٦
٤
١ = 1, ٢= 2, ٣ = 3, ٤ = 4, ٥ = 5, ٦= 6

Pelajaran 3 Isim
5
[ 3 ] Kata Benda
اَْلإِس  م
اَْلاِس  م : لَفْ ٌ ظ دلَّ علىٰ اِنسانٍ أَو حيوانٍ أَو نباَتٍ أَو جماَدٍ أَو أي شيءٍ آخر
Kata Benda ( Isim ) :
Lafal yang menunjukkan manusia, hewan, tumbuhan,
benda mati atau sesuatu yang lain, misalnya :
١ هٰذاَ ر  ج ٌ ل ٢ هٰذَا ُاستاٌَذ ٣ هٰذاَ تِلْمِي ٌ ذ
٤ هٰذَا طَير ٥ هٰذَا فَر  س ٦ هٰذَا اَس  د
٧ هٰذَا تُفاَّ  ح ٨ هٰذَا موز ٩ هٰذَا بي  ت
١٠ هٰذَا ُ كرسِي ١١ هٰذَا خِواَ ٌ ن ١٢ هٰذَا قِطَار
Pelajaran 3 Isim
6
١٣ هٰذَا كِتا  ب ١٤ هٰذَا قَلَ  م ١٥ هٰذَا سرِير
١٦ هٰذَا ثَو  ب ١٧ هٰذَا سِرو ٌ ل ١٨ هٰذَا با  ب
Latihan
Berilah kata benda yang sesuai untuk gambar-gambar
berikut .
٣- هٰذَا......
١- هٰذَا ثَو  ب ٢- هٰذَا .......
........... -٤
........... -٥
........... -٦
.......... -٨ ........... -٧
........... -٩
........... -١٠
........... -١٢ ........... -١١
Pelajaran 3 Isim
7
........... -١٣
........... -١٥ ........... -١٤
........... -١٧ ........... -١٦
........... -١٨
........... -١٩
........... -٢٠
........... -٢١
........... -٢٣ ........... -٢٢
........... -٢٤
........... -٢٥
........... -٢٧ ........... -٢٦
........... -٢٩ ........... -٢٨
........... -٣٠
١ = 1, ٢ = 2, ٣ = 3, ٤ = 4, ٥ = 5, ٦ = 6, ٧ = 7,
 ٨ = 8, ٩ = 9, ٠ = 0, ١٠ = 10, ١٣ = 13, ٢١ = 21
Pelajaran 4 Mudzakkar-Muannats
8
[ 4 ] Kata Lelaki & Perempuan
اَ لإِس  م اَلْ  مذَكَّ  ر و الْ  مؤن ُ ث
اَلْ  مذَكَّ  ر : ما دلَّ علىٰ الذُّ ُ كورِ
ة ) x ) أو ما لَم يختم بِتاءِ التأْنِيثِ
Kata lelaki ( Mudzakkar ) :
Kata yang menunjukkan benda lelaki
atau tidak diakhiri dengan ta' ta'nits ( 1 ( ة
Misal : زيْ  د ( Zaid, nama orang laki-laki )
ٌُأستاٌذ ( Guru lelaki, karena tidak diakhiri ( ة
الْ  مؤن ُ ث : ما دلَّ علىٰ اْلإِناَثِ
أو ما  ختِم بِتاءِ التأْنِيثِ ( ة )
Kata perempuan ( Muannats ) :
Kata yang menunjukkan benda perempuan
atau diakhiri dengan ta' ta'nits ( ( ة
Misal : هِن  د ( Hindun : nama perempuan )
ٌُأستاذٌَة ( Guru perempuan karena diakhiri ( ة
Kata petunjuk untuk benda dekat untuk :
هٰذَا : (ini, untuk laki-laki)
هٰذِهِ : (ini, untuk perempuan)
1 Ta’ ta’nits : ta menunjukkan perempuan

Pelajaran 4 Mudzakkar-Muannats
9
اَلْ  مذَكَّ  ر الْ  مؤن ُ ث
١ هٰذَا ر  ج ٌ ل ٢ هٰذَا تِلْمِي ٌ ذ ١ هٰذِهِ مراٌَة ٢ هٰذِهِ تِلْمِيذٌَة
٣ هٰذَا طَير ٤ هٰذَا اَس  د ٣ هٰذِهِ بقَرٌة ٤ هٰذِهِ هِرٌة
٥ هٰذَا تُفَّا  ح ٦ هٰذَا موز ٥ هٰذِهِ شجرٌة ٦ هٰذِهِ زهرٌة
٧ هٰذَا بي  ت ٨ هٰذَا ُ كرسِي ٧ هٰذِهِ مدرسٌة ٨ هٰذِهِ ساعٌة
٩ هٰذَا قِطَار ١٠ هٰذَا كِتا  ب ٩ هٰذِهِ دراجٌة ١٠ هٰذِهِ سبورٌة
١١ هٰذَا قَلَ  م ١٢ هٰذَا ثَو  ب ١١ هٰذِهِ مِسطَرٌة ١٢ هٰذِهِ ُ كرٌة
Pelajaran 4 Mudzakkar-Muannats
10
I > Berilah kata petunjuk yang sesuai .
١ كِتا  ب هٰذَا كِتا  ب ٦ ساعٌة ..........
٢ ُ كرٌة .......... ٧ ر  جل ..........
٣ شجرٌة .......... ٨ دراجٌة ..........
٤ قِطَار .......... ٩ اَس  د ..........
٥ ثَو  ب .......... ١٠ تُفاَّ  ح ..........
II > Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut .
١ هلْ هٰذَا ر  ج ٌ ل ؟ ٦ هلْ هٰذِهِ ساعٌة ؟
نعم ، هٰذَا ر  ج ٌ ل . ..........
٢ هلْ هٰذِهِ مدرسٌة ؟ ٧ هلْ هٰذَا قَلَ  م ؟
لاَ ، هٰذَا ثَو  ب . ..........
٣ هلْ هٰذاَ موز ؟ ٨ هلْ هٰذَا فَر  س ؟
.......... ..........
٤ هلْ هٰذِهِ سبورٌة ؟ ٩ هلْ هٰذَا كِتا  ب ؟
.......... ..........
٥ هلْ هٰذَا ُ كرسِي ؟ ١٠ هلْ هٰذِهِ تِلْمِيذٌَة ؟
.......... ..........
٦ هلْ هٰذِهِ بقَرٌة ؟ ١٢ هلْ هٰذَا با  ب ؟
.......... ..........
هلْ : Apakah
Pelajaran 5 'Alam
11
[ 5 ] Nama
اَلْعلَ  م
اَلْعلَم : اِس  م دلَّ علَى مسماه
Nama ( ‘Alam ) :
Kata yang menunjukkan nama sesuatu, misal :
زي  د ( Zaid, nama orang ) مِصر ( Mesir, nama kota)
النِّي ُ ل ( Nil, nama sungai ) اَلطُّو ر ( Thur, nama gunung )
‘Alam ada 3 yaitu :
1. ‘Alam Kunyah ( : ( علَ  م الْ ُ كنيةِ
Nama yang dimulai kata Bapak ( أَ  ب ) atau Ibu (  ,( ُأم
misal :
أَبو زيدٍ : Bapak Zaid ُأم هِندٍ : Ibu Hindun
2. ‘Alam Laqob ( : ( علَ  م اللَّقَبِ
Nama yang mengandung arti atau celaan, misal :
الرشِي  د : Rasyid ( Yang mendapat petunjuk )
اْلأَصم : al-Ashom ( Yang tuli )
3. ‘Alam Isim ( : ( علَ  م اْلاِسمِ
Nama selain Kunyah dan Laqob, misal :
زي  د : Zaid
هِن  د : Hindun
Tidak dimulai dengan  ُأم / أَب
Tidak mengandung celaan/pujian
Pelajaran 5 'Alam
12
علَ  م اْلاِسمِ علَ  م الْ ُ كنيةِ علَ  م اللَّقَبِ
١ هٰذاَ زي  د ١ هٰذاَ اَبُو زيدٍ ١ هٰذاَ الرشِي  د
٢ هٰذَا طَلْحُة ٢ هٰذِهِ ُام طَلْحةَ ٢ هٰذِهِ جمِيلَُة
٣ هٰذِهِ هِن  د ٣ هٰذاَ اَبو هِندٍ ٣ هٰذاَ اَ لأَعر  ج
٤ هٰذِهِ فَاطِمُة ٤ هٰذِهِ ُام فَاطِمةَ ٤ هٰذِهِ سوداءُ
I> Jawablah soal-soal berikut, dan bedakanlah antara
‘alam Kunyah, ‘alam Laqob dan ‘alam Isim .
١ من هٰذَ ؟ ٢ من هٰذَا ؟ ٣ من هٰذَا ؟
هٰذَا زي  د ......... .........
Pelajaran 5 'Alam
13
٤ من هٰذَا ؟ ٥ من هٰذِهِ ؟ ٦ من هٰذِهِ ؟
......... ......... .........
٧ من هٰذِهِ ؟ ٨ من هٰذِهِ ؟ ٩ من هٰذَا ؟
......... ......... .........
١٠ من هٰذَا ؟ ١١ من هٰذِهِ ؟ ١٢ من هٰذِهِ ؟
......... ......... .........
II> Buatlah ‘alam Kunyah dari isim-isim berikut.
محم  د أَبو محمدٍ
ُام محمدٍ
١ زين  ب ......... ٥ أَحم  د .........
......... .........
٢ الْقَاسِ  م ......... ٦ فَاطِمُة .........
......... .........
٣ عمرو ......... ٧  سلَيما ُ ن .........
......... .........
Jika awal isim tidak ada ( ال ) dan akhir isim tidak tanwin
ًٌٍ ) ) maka akhir isim dibaca fathah ( ( َ

Pelajaran 6 Nakirah-Ma'rifat
14
[ 6 ] Isim Nakirah dan Ma’rifat
اَلنكِرُة والْمعرِفَُة
اَلنكِرُة : ما دلَّ علَى غَيرِ معينٍ
Isim Nakirah :
Isim yang menunjukkan benda yang tidak tertentu
(umum), misal :
ر  ج ٌ ل ( orang laki-laki yang tidak tertentu / umum )
شجرٌة ( pohon yang tidak tertentu / umum )
الْمعرِفَة : ما دلَّ علَى معينٍ
Isim Ma’rifat :
Isim yang menunjukkan benda yang tertentu ( khusus ),
misal :
اَلر  ج ُ ل ( orang laki-laki yang tertentu / khusus )
اَلشجرُة ( pohon yang tertentu / khusus )
زي  د ( Zaid, isim ‘alam termasuk isim ma’rifat )
Untuk membuat isim ma’rifat dari isim nakirah kita
menambahkan ( ال ) pada awal kata.
Misal : اَلر  ج ُ ل + ال ر  ج ٌ ل
اَلشجرُة + ال شجرٌة
 Isim ma’rifat yang diberi ا ل tidak boleh tanwin ( ( ًٌٍPelajaran
6 Nakirah-Ma'rifat
15
١ هٰذاَ أَب ٦ هٰذاَ ر  جلٌ
اْلأَ  ب اًستاٌَذ اَل  ر  ج ُ ل هزِي ٌ ل
٢ هٰذِهِ فَتاَةٌ ٧ هٰذاَ كِتاَب
اَلْفَتاَُة تِلْمِيذٌَة اَلْكِتاَ  ب مقْروءٌ
٣ هٰذاَ صبِي ٨ هٰذِهِ شجرةٌ
اَل  صبِ  ي تِلْمِي ٌ ذ اَل  شجرُة عالِيٌة
٤ هٰذاَ تفاَّح ٩ هٰذاَ قِطَار
اَلتُّفاَّ  ح  حلْ و اَلْقِطَا ر سرِي  ع
٥ هٰذاَ فَرس ١٠ هٰذِهِ مدرسةٌ
اَلْفَر  س مر ُ كو  ب اَلْمدرسُة واسِعٌة
Latihan
I> Pilihlah kata yang sesuai dalam tanda kurung .
١ هٰذِهِ ....... ( مدرسٌة – اَلْمدرسُة )
٢ ...... واسِعٌة ( مدرسٌة – اَلْمدرسُة )
٣ ...... طَوِيلٌَة ( شجرٌة – اَلشجرُة )
٤ هٰذاَ ....... ( أَ  ب – اْلأَ  ب )
٥ هٰذاَ ....... ( قِطَار – اَلْقِطَا  ر )
Pelajaran 6 Nakirah-Ma'rifat
16
٦ ....... تِلْمِي ٌ ذ ( صبِي – الصبِي )
٧ ...... تِلْمِيذٌَة ( فَتاٌَة – اَلْفَتاَُة )
٨ هٰذاَ ....... ( تفاَّ  ح – اَلتفاَّ  ح )
٩ ...... مقْروءٌ ( كِتاَ  ب – اَلْكِتاَ  ب )
١٠ هٰذِهِ ....... ( شجرٌة – اَلشجرُة )
II> Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut .
١ ما هٰذاَ ؟ ٦ ما هٰذِهِ ؟
............ ............
٢ من هٰذاَ ؟ ٧ ما هٰذاَ ؟
............ ............
٣ من هٰذِهِ ؟ ٨ ما هٰذاَ ؟
............ ............
٤ من هٰذاَ ؟ ٩ من هٰذاَ ؟
............ ............
٥ ما هٰذِهِ ؟ ١٠ ما هٰذِهِ ؟
............ ............
Pelajaran 7 Mausuf-Sifat
17
[ 7 ] Isim Mausuf dan Sifat
الْمو  صو  ف وال  صفَُة
اَلْمو  صو  ف : اِس  م دلَّ علَى الذَّاتِ حقِيقَةً أَو معنوِيةً
Isim Mausuf :
Isim yang menunjukkan benda baik nyata atau abstrak.
Misal : زي  د ( Zaid, benda nyata )
عِلْ  م ( ilmu, benda abstrak)
اَل  صفَُة : اِس  م دلَّ علَى صِفَةِ اْلأَعياَنِ
Isim Sifat :
Isim yang menunjukkan sifat benda,
Isim sifat ada 3 yaitu :
- Isim Fa’il ( اِس  م فَاعِلٍ ) : Yang berbuat
Misal : قَارِ  ئ ( Yang membaca )
- Isim Maf’ul ( اِس  م مفْعولٍ ) : Yang dikenai perbuatan
Misal : مقْروءٌ ( Yang dibaca )
- Sifat Musyabbahat ( صِفَةٌ مشبهةٌ ) : Sifat yang
menetap pada orang/benda
Misal : هزِي ٌ ل ( Yang kurus )
Untuk membuat muannats tambahkan ta di akhir kata :
عالِمٌة +ة عالِ  م ( Yang mengetahui )
معُلومٌة +ة معُلوم ( Yang diketahui )
Pelajaran 7 Mausuf-Sifat
18
اِس  م فَاعِلٍ اِس  م مفْعولٍ صِفَةٌ مشبهةٌ
١ هٰذَا طَلْحُة ١ هٰذَا فَر  س ١ هٰذاَ ر  ج ٌ ل
طَلْحُة راكِب اَلْفَر  س مر ُ كوب اَلر  ج ُ ل هزِيلٌ
هٰذاَ الرشِي  د ٢ هٰذَا الرشِي  د ٢ هٰذِهِ مرأٌة

Komentar

  1. Berjalan dan trus berjalan itulah dinamika kehidupan, dan saya lagi sampai di blog teman yg satu ini. Sukses ya!!

    Visit: http://agushambali.mywapblog.com/

    BalasHapus
  2. MAANTAAP :) :) :)



    :arrow: http://riskhitachi.heck.in/is-infinite-stratos-ost.xhtml

    BalasHapus
  3. nahwu shorof...ilmu dasar bahasa arab

    BalasHapus
  4. ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA17 Juni 2013 pukul 13.01

    Kok postnya kurang rapi ya Kang, rapiin dong biar ane semangat bacanya, siapa tahu ane sempet ngamalin ilmunya dan ente dapat pahala, indahkan. Tetap semangat Kang.. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer