Rukun puasa wajib bulan Ramadhan


Puasa
Marhaban yaa Ramadhan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Allahumma Shalli Wasallim Wabaarik 'ala sayyidina wamaulanaa Muhammad SAW. Hari ini, Saya selaku admin blog ini akan membuat artikel yang berhubungan dengan bulan Ramadhan yaitu : Rukun Puasa Ramadhan. Rukun puasa wajib itu ada 2 menurut kitab tanwirul Qulub, yaitu :

 1. Niat adalah pekerjaan hati.
bila hati anda sudah niat berpuasa, maka puasa wajib atau ramadhan anda di hitung, Kalau hati anda lupa Berniat untuk puasa, maka puasa itu tidak di hitung alias nol, Jadi anda harus mengqodonya nanti kalau sudah lebaran. Untuk mengingatkan hati kepada niat berpuasa, maka lisan kita yang mengingatkannya, seperti ucapan lisan untuk niat puasa wajib : "Nawaitu ShaumaGhodin an'ada'i Fardhi Sahri Romadhona hadihissanati lillahita'ala" dan hati kita mengucapkan artinya : "Niat saya berpuasa di hari ini di bulan ramadhan di muncul terbit fajar sampai tenggelam fajar Fardhu karena Allah ta'ala". Maka dari itu lisan kita mengingatkan hati dan hati membacakannya. Niat puasa Ramadhan ini harus di malam hari yaitu tenggelam fajar atau maghrib sampai terbit fajar atau shubuh. kalau anda tidak mengucap niat anda untuk berpuasa pada waktu yang di tentukan, maka puasa anda tidak di hitung dan harus di qodo. Mengucapkan niat puasa wajib ramadhan harus setiap hari, karena puasa ini adalah puasa fardhu.

2. menjauhi perbatalan puasa seperti :
a. bersetubuh suami istri di siang hari
b. memasukan benda hidup kedalam lubang-lubang yang ada pada kita seperti : Tangan. Kita boleh memasukan tangan kita dalam lubang, tetapi hanya yang terlihat di luarnya saja, seperti dinding hidung dalam yang terlihat oleh mata kita, nah, itu yang di perbolehkan, tetapi kalau masuk terlalu dalam itu membuat kita batal.

3. Menjaga Mata, Mulut dan Telinga dari hal-hal yang tidak di sukai oleh Allah swt seperti gosip, melihat film atau foto pornografi, mendengar pembicaraan orang dan masih banyak lagi.

4. Murtad, Orang yang Murtad yang menyembah selain allah swt dapat membatalkan puasanya.
Masih banyak hal-hal yang dapat membatalkan puasa, tetapi saya hanya menulisnya segitu. Di karenakan hand phone saya yang tidak memadai.

Sekian, Informasi yang saya berikan mohon maaf bila ada kesalahan.
Saya pamit undur diri.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

  1. Rukun puasa wajib harus dilaksanakan:)

    BalasHapus
  2. Mkc da di ingetin lagi...

    berkunjung ke blog trie yuk...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer