KABAR TERBARU :Gitar Khusus Satu Tangan Ini Diciptakan untuk Pria yang Cedera Otak

ASSALAAMULAIKUM WAROHMATULLOHI WABARAKATUH.
ALHAMDULILLAH DALAM KESEMPATAN INI , SAYA DAPAT MEMBUAT POSTING LAGI SEMOGA KE DEPANNYA DI BERI KELANCARAN.
Hanoi, Kecintaan terhadap musik membuat Digh van Nguyen tetap berkeinginan untuk bermain alat musik meski mengalami kesulitan. Ya, pria asal Vietnam ini mengalami cedera otak yang membuat sisi kiri tubuhnya lumpuh. Oleh sebab itu, diciptakanlah sebuah gitar khusus untuknya.

Gitar ini dirancang oleh seorang terapis bernama Jason Kenner. Menurutnya, pembuatan gitar khusus yang bisa dimainkan oleh satu tangan ini dapat membantu proses rehabilitasi seseorang dengan cedera otak atau lumpuh seperti Nguyen.

Nguyen yang dilaporkan mengalami kecelakaan lebih dari 20 tahun lalu ini tentu sangat menyambut baik. Baginya, tetap bisa bermain musik memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap proses penyembuhan.

"Kami mendapatkan ide dari harpa dan dikombinasikan dengan tubuh gitar. Alat musik ini disetel agar terdengar lebih seperti harpa dengan skala pentatonik, sehingga memungkinkan Nguyen untuk memainkan melodi yang indah," papar Kenner, seperti dikutip dari ABC Australia, Sabtu (19/4/2014).

Selain bunyi yang tak kalah indah dengan gitar biasa, desain gitar yang dibuat Kenner ini juga memungkinkan Nguyen menaruhnya di bahu dan tetap memegang bagian depannya. Menurut Kenner, segera setelah diberikan penjelasan tentang cara memainkannya, Nguyen tahu persis apa yang harus dilakukan selanjutnya.

"Instrumen ini memberikan Nguyen kesempatan untuk menggunakan gairah dan pengalaman bermusiknya. Ia juga bisa memainkan lagu-lagu yang biasa ia nyanyikan saat masih kecil di Vietnam," ungkap Kenner.

Pendapat serupa disampaikan oleh manajer fasilitas tempat Nguyen dirawat, Clare Shaw. Menurutnya pemberian gitar unik diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup Nguyen. "Sebagian memorinya masih ada, mungkin itu yang membuatnya masih dapat membuat koneksi neurologis yang baik," tuturnya.

Sementara itu, Kenner menegaskan bahwa meskipun tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bermain gitar mampu meningkatkan fungsi otak jangka panjang, namun setidaknya itu dapat membuat Nguyen kembali melihat dunia yang ia sukai.
081735_vannguyenaustralia.jpg

Komentar

  1. Wah keren..kreativ banget,kepikiran sampe sgtu..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer