10 Cara Agar Anak Menuruti Perintah Orang Tua

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, hari ini saya disempatkan posting artikel setelah kemarin sibuk belajar ilmu agama islam. Nah, sekarang kita akan membuat artikel atau postingan tentang keluarga yaitu 10 Cara Agar Anak Menuruti Perintah Orang Tua.

1. Selalu mendoakan

Hendaknya orang tuanya selalu mendoakan anaknya minimal di fatihahi agar anaknya menjadi anak yang shaleh atau menjadi anak yang penurut.

2. Suri tauladan

Sebaiknya kita sebagai orang tua memberikan tauladan dulu kepada anak kita yaitu hendaknya melakukan contoh yang baik dulu sebelum kita menyuruh anak kita untuk melakukan yang baik, karena dengan sendirinya anak kita akan meniru kita untuk melakukan yang baik tanpa kita menyuruhnya. Ini merupakan suatu yang efektif tanpa kita memarahinya, anak sudah memahaminya.

3. Bersikap lembut

Pada umumnya semua anak tidak merespon apa yang kita omongkan atau sampaikan jika kita menghadapinya dengan bentakan dan memarahinya. Tegas bukan berarti harus bersikap keras, Anda bisa menghadapi dan melakukannya dengan lebih lembut. Coba untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan orang tua.

4. Konsisten

Dalam memberikan peraturan kepada anaknya agar terlatih supaya patuh kepada orang tua, orang tua konsisten untuk menentukan peraturan tanpa ada celah karena anak selalu mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya . Bila hari ini Anda melarangnya bermain di jalanan, maka minggu depan peraturan ini harus tetap dijalankan,.

5. Menjelaskan maksud dan tujuannya

Orang tua harus menjelaskan kepada mereka maksud dan tujuan baik untuk menetapkan aturan pada mereka, sehingga mereka mengerti kenapa mereka harus mematuhi peraturan yang Anda buat.

6. Puji mereka

Jika anak sudah melakukan yang baik dan benar berilah pujian kepada mereka, kadang-kadang berilah anak kita sebuah hadiah atau ucapan yang baik “ kamu hebat, kamu bisa melakukannya.

7. Menegur dengan halus.

Saat menemukan anak melakukan kesalahan berilah teguran dengan halus. Bila masih melakukan kesalahan serupa, beri peringatan berupa sanksi. Misalnya; tidak boleh menonton kartun kesukaannya selama sekian hari sebelum anak dapat berubah. Beri pengertian bahwa sanksi ini semata-mata untuk kebaikan dirinya juga.

8. Mendengarkan penjelasan anak.

Jika anak melakukan kesalahan, tanya dia dan dengan dengarkan penjelasannya mengapa dia melakukan hal demikian

9. Jangan Gengsi untuk minta maaf

Apabila orang tua telanjur memarahinya secara berlebihan, jangan merasa malu dan gengsi untuk meminta maaf kepada anak. Katakan kepada mereka bahwa kita marah karena sayang. Lebih-lebih beri pelukan dan ciuman hingga anak merasa nyaman kembali bersama kita. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengajarkan kepada anak bagaimana cara memaafkan dengan sayang dan santun.

10. Berikan kepercayaan kepada mereka

Kepercayaan dapat memperbaiki perilakunya. Selain itu dapat pula mendorong anak untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Anak pun bisa belajar menghargai diri sendiri dan merasa dirinya berharga.

Demikian Informasi yang saya berikan mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Bila ada kesalahan teks atau kata-kata yang kurang mohon dimaafkan.

Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer