Kandungan dan Manfaat Akar Tinggal Jahe

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, kali ini saya akan mengisi lagi kategori tanaman obat yang sudah lama tidak di isi. Topik artikenya yaitu


Kandungan dan Manfaat Akar Tinggal Jahe( Zingiber officinale roscoe).

Kandungan dan Manfaat Akar Tinggal Jahe
Jahe


Tanaman akar tinggal jahe banyak tumbuh di berbagai wilayah di indonesia, dan telah banyak dimanfaatkan secara tradisional baik untuk kepentingan pengobatan/kesehatan, maupun untuk bumbu masakan atau minuman.
Akar jahe berbau aromatik, rasanya pedas menyegarkan. Akar tingga jahe bentuknya agak pipih dengan bagian ujungnya bercabang-cabang pendek. Pada setiap ujung cabang tapak perut melekuk mendalam. Panjang rata-rata sekitar 5 cm sampai 15 cm, dengan tebal sekitar 1,5 cm sampai 5,5 cm. Warna bagian luar coklat agak kuning, sedangkan bagian dalam putih kekuning-kuningan cerah, kadang-kadang berserat.

Kandungan dan Manfaat Jahe
Zat-zat yang terkandung pada akar tinggal jahe antara lain :

- Minyak Asiri yang berisi zingeton atau gingerol, juga etilmetikkiton yang membuat jahe rasanya pedas, zingibeton, zingiberin, borneol, kamfen, sineol, dan falandren. - Pati.
 - Damar.
- Asam-asam organik seperti malat, eksalat, oleoresin, serta gingerin.

Akar jahe bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti Obat Batuk dan sebagainya.

Demikian postingam artikel saya mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Bila ada kesalahan teks ataupun kata-kata yang kurang mohon dimaafkan.
Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Perhatian!
Para pengunjung yang terhormat, sekiranya anda berdonasi kepada blog ini agar terus maju memunculkan artikel yang baru-baru, dengan cara mengklik iklan yang ada di blog ini setelah mengklik iklan boleh saja anda pencet tombol back untuk kembali ke blog ini atau donasi blog dengan mengklik link di navigasi.
Terima Kasih.

Komentar

Postingan Populer