Kandungan dan Manfaat Brotowali

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, saya saat ini masih diberikan kesehatan oleh allah swt, membagikan ilmu itu penting bagi kaum muslimin wal muslimat, apalagi ilmunya adalah ilmu agama islam. Oke, artikel kali ini saya akan membahas lagi tentang tanaman obat salah satunya adalah Kandungan dan Manfaat Brotowali.
images?q=tbn:ANd9GcRyO8kHnA19QfDOCZINsub

Nama lain untuk tanaman ini antara lain, andali, daub gadel, putrawali , antawali. Brotowali merupakan tanaman perdu memanjat dengan ketinggian mencapai 2,5 meter. Mempunyai batang berwarna hijau yang penuh benjolan berair. Daun berbentuk jantung yang berwarna hijau muda dan bertangkai. Lebar daun antara 6-12 cm. Bung brotowali berbentuk tandan bermahkota enam, warnanya hijau muda. Tanaman ini banyaj ditemui sebagai tanaman liar atau di halaman. Brotowali dapat diperbanyak dengan cara setek batang serta memerlukan pohon lain sebagai sandaran.

Kandungan dan Manfaat Brotowali Tanaman ini mengandung zat pahit pikroretin, alkaloid berberin dan palmatin. Serta kandungan lain berupa pati, glikosida pikroretosid dan damar. Akarnya mengandung berberin dan kolumbin.

Dalam bentuk ramuan brotowali bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain : - menurunkan panas - menyembuhkan luka - menambah nafsu makan - menurunkan kadar gula

Demikian dari Kandungan dan Manfaat Brotowali, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Bila ada kesalahan teks ataupun kata-kata yang kurang mohon dimaafkan.

Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer