Kandungan dan Manfaat Sambiloto

Kandungan dan Manfaat Sambiloto
Sambiloto

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulillah, hari ini admin lagi agak nyantai lumayan kalau buat postingan baru. Sekarang adalah Babnya Tanaman Obat dilanjutkan, sekarang admin akan menerangkan Kandungan dan Manfaat Sambiloto.

Sambiloto(Andrographis panuculata nees).


Nama lain daru sambiloto antara lain papaitan, ki oray, ki peurat, takilo, bidara, sadilata, sambilata, takila. Sambiloto merupakan tanaman kecil yang bercabang-cabang dengan ketinggian mencapai 90 cm. Mempunyai batang/cabang berbentuk persegi empat. Daunnya kecil-kecil berbentuk lansat dengan pangkal rata dan permukaan berwarna hijau tua. Sisi-sisinya tidak bergerigi. Bunga berwarna putih kekuningan dan bertangkai. Buah berbentuk jorong kecil, bila sudah tua akan pecah menjadi 4 keping. Tanaman ini tumbuh didaerah tropis pada ketinggian mencapai 700 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh subur pada tempat terbuka dan tanah yang gembur. Sambiloto dapat dilakukan dengan biji.

Kandungan dan Manfaat Sambiloto
Tanaman sambiloto mengandung zat pahit andrographolid, minyak asiri, alkaloid, kalmagenin dan senyawa kalium. Tanaman sambiloto dalam bentuk ramuan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagi macam penyakit, antara lain:
- Mencegah pembentukan radang.
- Memperlancar air seni.
- Menurunkan panas .
- Obat sakit perut.
- Kencing manis.
- Menurunkan Tekanan Darah.

Demikian Informasi dari saya tentang Kandungan dan Manfaat Sambiloto mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya bagi pembaca.
Bila ada kesalahan teks maupun kata-kata yang kurang mohon dimaafkan.

Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

  1. Oh gitu gan. Ane baru tah apa aja manfaatnya :)

    BalasHapus
  2. @GanMovies,
    ya jadi manusi itu harus banyak tahu apalagi agam islam

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer