Cara Rokok Merusak Paru-Paru Anda


Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulillah, akhirnya saya bisa membuat artikel lagi demi informasi yang penting bagi indonesia.
Indonesia sekarang lagi krisis moral dan rokok. Kalau krisis moral disebabkan kurangnya ibadah, ilmu agamanya, akhlak, cara mendidiknya dan sebagainya.

Salah satu organ terpenting dalam tubuhmanusia yang bisa dirusak oleh kebiasaan merokok adalah paru-paru. Paru-paru merupakan bagian penting dalam sistem pernapasan manusia.Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Persahabatan Agus Dwi Susanto mengungkapkan, kebiasaan merokok awalnya akan mengganggu fungsi silia, yaitu pembersih saluran napas. Silia atau bulu getar berfungsi menangkal benda asing yang masuk ke saluran napas agar tidakmasuk ke dalam organ tubuh yanglebih dalam. Nah, asap rokok yang mengandung ribuan bahan kimia membuat silia harus bekerja keras menyaring benda asing. Hingga akhirnya fungsi silia menurun atautidak berfungsi sama sekali."Pergerakan silia menurun sampai 50 persen hanya dengan dua atau tiga kali isapan asap rokok. Karenaitu, terjadinya infeksi akan lebih tinggi," terang Agus.Perokok akan mudah batuk-batuk dan produksi dahak berlebihan.

Akibat tidak berfungsinya silia, perokok aktif lebih berisiko tinggi terkena bronkitis kronis atau infeksi pada paru-paru yang berlangsung lama.Perokok juga mengalami penyempitan saluran napas kronikatau Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia ini mengungkapkan, sebanyak 92 persen pasien PPOK di RS Persahabatan memiliki riwayat merokok."Pada PPOK, saluran napas seperti pipa cerobong yang berkarat. Semakin tinggi kebiasaan merokok, kasus PPOK semakin tinggi," jelas Agus.

Gejala PPOK antara lain napas sesak atau berat, batuk kronik, danberdahak. Kasus penyakit tuberkulosis umumnya juga terjadipada perokok.Pada akhirnya, perokok aktif akan mengalami penurunan fungsi paru. Lebih buruk lagi, perokok aktif berisiko tinggi terkena kanker paru yang menjadi salah satu penyakit kanker paling mematikan.Agus mengatakan, berdasarkan penelitian di RS Persahabatan, sebanyak 43,4 persen wanita dan 83,6 persen pria yang terkena kanker paru adalah perokok.Agus mengingatkan, perokok pasifatau yang sering terpapar asap rokok juga berisiko terkena penyakit pada sisem pernapasan tersebut.

Nah, Gimana para pembaca, apa berani merokok lagi? saya sarankan jangan merokok karena dapat menyebabkan kematian apalagi yang di bawah umur.
Demikian Informasi tentang bahayanya Rokok terhadap diri anda.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan.
Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tags : Beginilah, Cara, Rokok, Perokok, Merokok, Rusak, hancur,serangan, paru-paru, jantung, Kesehatan

Komentar

Postingan Populer