Dampak Kesehatan Mental Remaja di Pengaruhi Oleh Teman Online

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulillah, kali ini akan membahas artikel media sosial yang dikaitkan dengan zaman sekarang Dampak Kesehatan Mental Remaja di Pengaruhi Oleh Teman Online , saya sekarang ini sekedar corat-coret diblog tapi memberikan informasi yang menarik.
Media sosial bukan lagi sekadar kesenangan biasa bagi remaja, tetapi lebih kepada identitas mereka. Tak heran remaja selalu menganggap serius apapun yang terjadi di dunia maya.
Fakta ini terungkap setelah peneliti, Bep Uink, seorang mahasiswa program PhD dari Murdoch University dan Young and Well Cooperative Research Centre melakukan survei terhadap 100 remaja.
Alih-alih menanyai apa yang mereka rasakan di penghujung hari, Uink lebih memilih mengamati aktivitas mereka di media sosial secara real-time, dan ia berusaha menangkap momen-momen penting yang terjadi dalam keseharian mereka. Biasanya dalam sehari, Uink 'menangkap' lima momen sekaligus.

"Sepanjang studi, kami menangkap banyak sekali hal-hal kecil yang ternyata mengganggu emosi para remaja, mulai dari nilai tugas yang jelek hingga pertengkaran dengan teman,"

papar Uink.
Namun dampaknya menjadi tidak begitu besar ketika remaja mendapatkan dukungan dari temannya, walaupun hanya satu orang. Menariknya, Uink juga menemukan, keberadaan teman di dunia maya sama pentingnya dengan pertemanan di dunia nyata dalam memberikan support bagi si remaja.

"Kami tanyakan ke mereka, dan hasilnya, tak ada bedanya. Teman dalam konteks dunia online maupun teman yang sebenarnya penting bagi mereka ketika mereka membutuhkan dukungan,"

simpulnya seperti dilaporkan ABC Australia.
Bahkan menurut Uink, remaja terlihat jauh lebih bahagia dan cenderung tidak merasakan emosi negatif seperti sedih, cemburu atau cemas jika sedang bersama teman-temannya ketimbang saat berkumpul dengan keluarganya.

"Kami terkejut melihat betapa kuatnya peranan dalam media sosial dalam menghubungkan satu pengguna dengan yang lainnya, dan remaja punya cara yang sangat 'canggih' dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka,"

pungkasnya.
Uink menambahkan, kondisi ini sangat relevan, utamanya bagi remaja putri.

Demikian Ulasan saya tentang Remaja Masa Kini, bila ada kesalahan teks ataupun kata-kata yang kurang mohon dimaafkan.

SEMOGA BERMANFAAT


Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Original Post.

Komentar

Postingan Populer