Macam-Macam Qodlo Puasa

macam-macam-qodlo-puasa.jpg

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, pagi hari ini enaknya baca siraman rohani atau ilmu agama islam termasuk ilmu fiqih, dan tak terasa puasa wajib bulan ramadhan ini kira-kira sisanya 7 hari lagi dan setiap hari kita berdo'a agar amal ibadah puasa kita diterima oleh Allah swt. Postingan artikel hari ini dengan judul Macam-macam Qodlo Dalam Puasa , untuk yang belum tahu silahkan baca dan hafalkan ilmu yang saya bagikan ini.

Apabila seseorang batal puasanya dibulan ramadhan baik disengaja maupun tidak disengaja, maka wajib baginya mengganti/mengqodlo puasanya di bulan yang lain selain bulan Ramadlan.

Adapun pembagian pengganti puasa ada 4 macam :
1. Wajib Qodlo dan Wajib Fidyah.
Orang yang terkena wajib qodlo dan wajib fidyah itu ada 2 macam :
a. Berbuka puasa atau batal puasa karena mengkhawatirkan orang lain. Seperti seoarang ibu yang mengkhawatirkan bayi yang disusuinya atau bayi yang dikandungnya sehingga dia membatalkan puasanya karena asupan nutrisi bagi si bayi.

b. Batal puasa dan mengakhirkan qodlo, padahal masih memungkinkan baginya mengqodlo, sehingga datang lagi bulan Ramadlan yang selanjutbya sampai tidak sempat mengqodlo Ramadlan yang tahun lalu.

2. Wajib qodlo saja tanpa fidyah.
Macam orang seperti ini banyak sekali, seperti batal puasa karena sakit, bepergian dan lain-lain.
Firman Allah swt : "Dan barang siapa diantara kamu yang sakit atau dalam keadaan bepergian maka hendaklah ia menggantinya dengan hari-hari yang lainnya....." (QS. Al-Baqarah : 185)

3. Wajib fidyah tanpa wajib qodlo
Macam orang seperti ini ialah orang yang sudah tidak mampu berpuasa karena sudah tua renta atau pikun dll.
Imam Ibnu Abbas Berkata : "Diringankan bagi orang yang sudah tua renta untuk berbuka puasa, dan menggantinya dengan memberi makanan bagi setiap satu orang miskin atau mud dan tidak wajib qodlo baginya(Orang Tua Renta)".

4. Tidak wajib qodlo dan fidyah
Artinya tidak terkena hukum apa-apa. Seperti orang gils yang tidak sengaja gilanya, karena orang gila itu....
Sabda Nabi Muhammad S.A.W : "Dihilangkan perhitungan amal(tidak diperhitungkan sebuah amal) dari tiga golongan :
1. Dari oranf gila sampai sembuh.
2. Dari oranf tidur sampai bangun.
3. Dari anak kecil sampai dia bermimpu (sampai keluar air mani)".


Demikian ilmu Fiqih yang dapat saya sampaikan tentang Macam-macam Qodlo Puasa, Mudah-mudah ada berkah dan manfaatnya bagi kalian semua para pembaca. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer