Inilah 7 Obat yang Harus/Wajib di Minum Sesudah makan

obat.jpg

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, hari ini adalah hari penentuan dimana hari akhirnya bulan ramadhan, sejak dari kemarin peneropongan hilal terus dilakukan hingga sampai saat ini, kita berdo'a agar amal ibadah puasa kita diterima di sisi Allah swt. Kali ini admin menulis artikel tentang Inilah 7 Obat yang Harus/Wajib di Minum Sesudah Makan.

1. Nonsteroid Anti-inflammation Drugs (NSAIDs)br/>

NSAID atau obat anti-inflamasi non steroid digunakan untuk mengobati nyeri dengan cara memblokir prostaglandin atau reseptor nyeri di dalam tubuh.

Naproxen digunakan untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh sakit kepala, arthritis, dan periode menstruasi yang menyakitkan. Ibuprofen dapat membantu mengurangi demam dan rasa sakit ringan yang disebabkan oleh infeksi gusi atau gigi berlubang.

Aspirin sebagai obat pereda nyeri yang juga berpotensi mencegah serangan jantung dan stroke iskemik yang disebabkan oleh penggumpalan darah.

Mengonsumsi NSAID setelah makan, dapat mencegah masalah pencernaan atau perdarahan di lambung dan usus.

2. Antasida

Antasida mengurangi mulas dan gangguan pencernaan dengan cara menetralkan asam lambung. Konsumsilah obat ini sekitar satu jam setelah makan atau selama makan.

Namun, jika gejala gangguan pencernaan terjadi pada malam hari, di mana Anda sulit mengakses makan, silakan mengonsumsi antasida tanpa makan terlebih dulu.



3. Narkotika penghilang rasa sakit

Tidak seperti NSAID, penghilang rasa sakit narkotika atau opioid, bekerja dengan cara mengurangi sinyal rasa sakit di otak. Beberapa jenis opioid contohnya adalah codeine, hydrocodone, oxycodone, dan morfin.

Untuk menghindari mual dan muntah, konsumsilah obat ini sambil makan. Makanan dengan serat di dalamnya sangat membantu untuk menghindari efek samping sembelit.



4. Prednison

Prednison tersedia dalam dalam bentuk pil atau cairan. Obat ini digunakan untuk orang-orang dengan tingkat kortikosteroid rendah.

Kortikosteroid adalah hormon yang mengatur kelenjar adrenal yang menekan peradangan dalam tubuh dan melindungi kita dari arthritis dan multiple sclerosis.

Konsumsilah obat ini sambil makan atau minum susu untuk membantu mengurangi iritasi lambung. Jika mengonsumsi prednisone dalam bentuk cair, FDA menyarankan mencampurnya dengan jus, saus apel, atau makanan lunak lainnya.

5. Metformin

Metformin digunakan sebagai obat diabetes tipe-2, kondisi kronis di mana tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula darah.

Sangat penting untuk mengonsumsi metformin dengan makanan untuk menghindari inkontinensia atau sakit perut. Minum obat diabetes sambil makan juga berguna untuk mencegah kondisi gula darah rendah.



6. Antibiotik

Setiap antibiotik bekerja melalui mekanisme yang berbeda sehingga saran tentang makanan mungkin berguna buat beberapa orang tapi bisa berbahaya bagi orang lain.

Antibiotik yang harus dikonsumsi dengan perut penuh antara lain adalah amoksisilin, augmentin, dan klofazimin.



7. Kontrasepsi Oral

Mengonsumsi pil KB pada waktu yang sama setiap hari, penting agar pil bekerja sebagaimana mestinya. Penting juga mengonsumsinya setelah makan atau sambil makan. Minum pil KB dengan perut penuh akan membantu meminimalkan mual.



Demikian Informasi yang dapat saya sampaikan tentang Inilah 7 Obat yang Harus/Wajib di Minum Sesudah Makan Mudah-Mudahan bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Wasaalaamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer