Inilah Manfaat Pare Untuk Penyakit Diabetes

pare.jpg

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, Pagi-pagi sudah membuat artikel dikarenakan mau balik ke rumah habis pulang kampung. Baiklah artikel hari ini berjudul Manfaat Pare Untuk Penyakit Diabetes.



Pare, sayuran pahit ini sudah sejak lama dimanfaatkan bukan hanya untuk masakan, tapi bahan obat. Salah satu manfaatnya yang terkenal adalah mengatasi diabetes.

Buah pare termasuk dalam makanan yang sering dikonsumsi orang Okinawa, penduduk pulau di Jepang yang terkenal panjang umur.

Penelitian di laboratorium menunjukkan, pare memiliki kemampuan hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah), dan mengontrol kadar insulin. Zat aktif charantin, alkaloid, dan peptida yang menyerupai insulin, merupakan zat-zat yang bermanfaat penting dalam pare.

Zat tersebut juga memicu produksi protein yng mendorong penyerapan glukosa dalam darah.

Selain itu, charantin juga merangsang pertumbuhan sel beta pankres, organ yang memproduksi insulin. Pada pasien diabetes tipe 1, sel beta mereka mengalami kerusakan sehingga pankreas tidak bisa menghasilkan insulin.

Keunggulan lain dari pare adalah memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang bisa mengatasi infeksi salmonela dan E.coli, herpes, bahkan virus HIV, malaria, dan parasit.

Ekstrak dari protein pare diklaim bisa menghambat pertumbuhan tumor prostat dan pada beberapa penelitian in vitro berpotensi melawan sel kanker lainnya.

Pare bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan sayur, dijus, atau ekstraknya dibuat menjadi bubuk atau kapsul.

Konsultasikan dengan dokter bila Anda menderita diabetes dan ingin mengonsumsi tablet atau kapsul pare. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan mengonsumsi buah ini.

Cukup sampai disini pengetikan saya tentang Manfaat Pare Untuk Penyakit Diabetes, Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Wassalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Komentar

  1. TEMPAT DOWNLOAD BURUNG KICAU GRATIS10 Juli 2016 pukul 17.42

    rmang parr banyak manfaat nya

    BalasHapus
  2. @TEMPAT DOWNLOAD BURUNG KICAU GRATIS,
    iya kang.

    BalasHapus
  3. kalau di tempat saya biasanya dibuat sambal mas,parenya

    jadi rasanya nano nano
    paling yg makan ya orang2 yg lebih tua

    BalasHapus
  4. wah ternyata manfaatnya besar.

    tapi, di daerah saya pare itu padi. hihihi

    BalasHapus
  5. waallaikumsallam
    ternyata si pahit pare kaya manfaatnya
    ya walau aku tidak begitu suka dengan pare karena rasa pahitnya, pernah juga ikut menikmati masakan pare hehe,,
    kalau sudah dalam bentuk kapsul tentu lebih mudah ya untuk konsumsinya

    alhamdulillah
    terimakasih infonya
    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  6. @Ukhty Nur Maya,
    untuk yang tidak suka mungkin bisa meminum kapsulnya.

    Sama-Sama Teh Ukhty

    BalasHapus
  7. @Ari Trenggana,
    didaerah saya juga mas.
    pare itu bahasa indonesianya
    paria bahasa sundanya

    BalasHapus
  8. @Ilham,
    wah saya belum pernah nyobai kalau dijadikan sambal

    BalasHapus
  9. tapi ada baiknya mencegah dari pada mengobati :D

    BalasHapus
  10. Baru tahu saya om ,kalo saya oggah makan pare paitnya gak nahan om

    BalasHapus
  11. @zetsful
    sejujurnya saya juga gak suka pare, tapi untuk kepentingan orang banyak saya posting di blog

    BalasHapus
  12. @Tulis Ketik,
    Iya Betul Sekali Perkataan dari Mas Tutik.
    Mencegahlah sebelum terjadi sesuatu

    BalasHapus
  13. Saya kalo pare sukanya disayur tumis :) . Kalo dijus nyerah deh gan :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer